Selasa, 21 Oktober 2014

MAKALAH BTQ - MANFAAT MEMBACA DAN MEMPELAJARI TAJWID | MANFAAT MEMPELAJARI TAJWID | MANFAAT TAJWID | BTQ | MAKALAH | MANFAAT |

MAKALAH BTQ - MANFAAT MEMBACA DAN MEMPELAJARI TAJWID

BAB I
PENDAHULUAN
1.      Latar Belakang

Menurut bahasa, kata “tajwid” diambil dari “sesuatu yang baik”, lawannya adalah “jelek”. Diambil dari kata جَوَّدَ – يُجَوِّدُ – تَجْوِيْدًا yang artinya adalah perbaikan, penyempurnaan, pemantapan. (Qowaid Attajwid hlm. 24). Serta, dikatakan bagi orang yang baik dlm bacaan Al-Quran dgn mujawwid.
Menurut istilah, tajwid adalah keluarnya semua huruf hijaiyah dari makhraj-nya (tempat keluarnya) dgn memberikan hak & keharusannya dari sifat tersebut.
Tajwid adalah ilmu yang mulia, karena seorang muslim dituntut utk membaca Al-Quran pada tiap harinya, minimal (dalam) shalat sehari semalam. Demikan pula orang yang ahli dlm ilmu ini akan masuk surga bersama para malaikat yang mulia, sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata, telah bersabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,


“Seorang yang pandai dlm Al-Quran akan bersama dgn para malaikat yang mulia lagi taat, & seorang yang membaca Al-Quran dgn tersendat-sendat (terbata-bata) & merasa keberatan maka baginya dua pahala.” (H.R. Al-Bukhari & Muslim).
2.      Rumusan Masalah
Perumusan Masalahnya meliputi :
ü  Bagaimana manfaat mempelajari Tajwid ?
ü  Bagaimana cara Islam masuk ke Indonesia ?
ü  Apa saja peranan tajwid dalam membaca al-qur’an ?

3.      Tujuan Penulisan
Makalah ini kami buat untuk memenuhi Tugas Agama Islam dimana yang Insya Allah akan diserahkan untuk bahan tugas menjelang semester ganjil 2013/2014. Ada pun tujuan dari pembahasan makalah ini yaitu : Untuk lebih mengetahui manfaat membaca tajwid, dan agar lebih mendalami tentang tata cara membaca al-qur’an melalui mempelajari tajwid. dsb.
BAB II
PEMBAHASAN

Lancarnya seseorang dlm pengucapan lafal Al-Quran dengan ilmu yang telah disampaikan oleh ulama kita dengan memberikan sifat tarqiq (tipis), tebal, mendengung, panjang, serta pendeknya, & seterusnya. Maka ilmu ini tak akan bisa diketahui dgn sempurna kecuali harus berguru secara langsung kepada ulama yang ahli dlm ilmu ini.
“Barangsiapa yang hendak membaca Alquran dengan suara beralun dan gemulai sebagaimana Alquran diturunkan itu dibacanya menurut ba caan Ibnu Ummi ‘Abd,” kata Ibnu Mas’ud. Dia menambahkan lagi, “Tajwidkanlah olehmu membaca Alquran itu.”

A.    Manfaat Membaca Tajwid

Manfaat bagi seseorang yang mempelajari ilmu tajwid adalah akan mendapatkan kebahagiaan di dunia & di akhirat. Di dunia akan mendapat kedudukan yang sangat tinggi, demikian pula di akhirat, sebagaimana sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,
Dari Umar bin Khattab radhiyallahu ‘anhu berkata, telah bersabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam,



“Sesungguhnya Allah akan mengangkat derajat suatu kaum dgn Al-Quran & merendahkan sebagian yang lainnya juga dgn al-Qur’an.” (H.R. Al-Bukhari & Muslim).

MANFAAT lain dari Tahsinul Quran adalah dapat merangsang hati untuk melakukan tadabbur (perenungan) ayat yang sedang dibaca. Hanya dengan tilawah yang baik dan suara yang bagus lantunan suara ayat-ayat suci Alquran menjadi indah, meresap dan menggerakkan pikiran si pembacanya.
Sebaliknya bacaan yang masih belum baik dan berantakan justru membuat keindahan mukjizat Alquran menjadi hilang. Akibatnya tilawah Alquran pun mengendur. Inilah dampak negatif tilawah yang serampangan dan tanpa bimbingan dari seorang guru.
Sebagai umat Islam, penulis mengajak kepada semua kita para ikhwan, mari mulai hari ini jangan pernah berhenti memperbaiki tilawah Alquran kita dengan menghadiri pengajian pendalaman Alquran atau mendatangkan guru mengaji ke rumah kita dan untuk anak-anak mari kita masukkan mereka ke lembaga Taman Pendidikan Alquran (TP Alquran) yang sudah tersebar hampir di setiap masjid. Ini semua harus dilakukan karena memperbaiki tilawah Alquran men jadi lebih baik adalah kewajiban setiap muslim dalam mengimani dan bermuamalah dengan Allah SWT. Dan karena Alquran adalah jantungnya Islam.
Akhirnya, semoga Allah SWT memasukkan kita ke dalam golongan orang-orang yang membuktikan imannya kepada Alquran dengan se nantiasa memperbagusi bacaannya dalam rangka mendekatkan diri kepada-Nya, sehingga kita akan mendapatkan kebahagiaan di dunia dan akherat. Amin ya robbal alamin.

Dalam sebuah hadist berderajat shahih yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim, seperti yang tersebut dalam hadist Arbain Nawawiyyah, Rasulullah SAW bersabda:
“Bacalah, naiklah (ke atas surga) dan bacalah dengan tartil sebagaimana kami dulu pernah membacanya di dunia. Karena sesungguhnya kedudukanmu di surga terdapat pada akhir ayat yang kamu baca.”
Dapat kita simpulkan dan artikan bahwa manfaat membaca tajwid dalam mengkaji al-qur’an sangatlah besar. Dalam hadist tersebut sesungguhnya kedudukan kita di surga terdapat pada akhir ayat yang kita baca. Jadi baik-baiklah membaca al-qur’an karena kelimpahan pahala dan surge yang telah Allah janjikan untuk kita yang membaca dan mempelajari tajwid untuk mengkaji al-qur’an.









BAB III
PENUTUP

1.      Kesimpulan

Telah kita simpulkan bahwa mempelajari dan membaca tajwid mempunyai segudang
Manfaat, selain lancar akan membaca al-qur’an, membaca tajwid juga bermanfaat besar bagi yang ingin mendalami arti dan makna di dalam sebuah kitab al-qur’an.

Dalam sebuah hadist rasulullah, dijanjikan surga bagi yang banyak membaca dan mempelajari alqur’an dengan teliti dan tertib yaitu dengan membaca tajwid.

2.      Saran
Satu hal yang harus kita tahu adalah membaca tajwid adalah sangat penting untuk menunjang dalam prestasi membaca al-qur’an serta menunjang akan tahu dengan mudah untuk memahami seisi al-qur’an.




DAFTAR ISI
https://www.google.com/url?


1 komentar: